oleh

OJK Gandeng Bank Sulselbar Hapus Ikatan Rentenir dengan Program Phinisi

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua telah mengambil beberapa kebijakan ditengah situasi Covid-19 yang telah mempengaruhi sendi-sendi perekonomian. Kebijakan tersebut dilakukan melalui pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) OJK bersama PT Bank Sulselbar.

Hadirnya TPAKD ini dimaksudkan dapat menciptakan pembiayaan dengan pola kemitraan melalui program ‘Phinisi’ yakni program hapus ikatan rentenir
kepada debitur dengan model proses cepat dan bunga rendah.

“Program ini merupakan program nasional yang digaungkan pemerintah, tujuannya untuk menghapus pinjaman tidak resmi dengan bunga tinggi. Nah di Sulsel langkah kita adalah menggandeng Bank Sulselbar untuk reaslisasi program Phinisi ini,” jelas Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Moh Nurdin Subandi.

Dengan hadirnya program ini, diharapkan menjadi langkah antisipasi adanya potensi resiko ke depannya sekaligus untuk menopang fundamental pada sektor riil/informal, menghindari kebangkrutan dan PHK massal, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan menjaga stabilitas sistem keuangan.

“Harapannya dengan hadirnya program Phinisi ini dapat mensusbsidi suku bunga sehingga masyarakat tidak perlu lagi meminjam jasa rentenir atau meminjam dengan bunga tinggi,” tandas Nurdin. (*)