oleh

Sektor Pertanian Sulsel Minus 2 kali, Ekonom: Kalau 3 kali Minus Bisa Gawat

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sektor pertanian Sulawesi Selatan mengalami minus 2 persen dikuartal ke 3 2020. Minus disektor pertanian ini telah terjadi di dua kuartal belakangan. Kondisi tersebut mengundang kekhawatiran terlebih karena Sulsel merupakan daerah pertanian.

Ekonom Sulsel, Prof Marzuki dari Universitas Hasanuddin mengungkapkan, kondisi minus pada pertanian dua kuartal berturut turut adalah yang pertama kalinya di Sulsel. Menurutnya, hal ini merupakan persoalan besar yang harus dipecahkan.

“Ini yg mengherankan saya padahal Sulsel didominasi pertanian. Ini menjadi persoalan besar,” ujarnya.

Lebih jauh, dirinya membeberkan bahwa kemerosotan disektor pertanian ini ditenggarai faktor oleh alam yang belakangan tak bersahabat. “Penyebabnya faktor alam. Namun hal ini perlu diperhatikan karena sangat urgent sedang orang-orang masih fokus ke kesehatan padahal pertanian bermasalah,” katanya.

Untuk mencegah sektor pertanian kembali menurun, menurut Prof Marzuki UMKM disektor pertanian harus digenjot. “Kalau tiga kali minus maka akan terjadi reseri pertanian, gawat itu. Makanya hal ini harus diperhatikan,” pungkasnya. (*)