oleh

Antisipasi Joki, Pelabuhan Soekarno Hatta Gandeng Kepolisian

Editor : admin 1, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Takut kecolongan, pihak Pelabuhan Soekarno Hatta melakukan antisipasi joki surat keterangan (Suket) Rapid Tes dan Rapid Antigen.

Kepala Bidang Lalu Lintas Laut (Kabid Lala) Otoritas Pelabuhan Makassar, Sirajuddin mengatakan untuk mengantisipasi joki Pelabuhan Soekarno Hatta sudah melakukan koordinasi antara kantor kesehatan pelabuhan Makassar dengan otoritas pelabuhan bersama dengan Kepolisian.

“Jadi sebagaimana yang tersebar di media, itu kalau kita di Makassar kita sudah antisipasi, kita sudah berkoordinasi antara kantor kesehatan pelabuhan Makassar dengan otoritas pelabuhan, bersama dengan Kepolisian,” ujar Sirajuddin, saat dihubungi Bacapesan.com, Rabu (23/12/2020).

Sirajuddin mengatakan salah satu antisipasi yang dilakukan saat ini untuk mengantisipasi joki, dengan memperlihatkan KTP dan Suket Rapid Tes dan Rapid Antigen. Jika identitasnya terbukti beda, maka calon penumpang tidak akan dilayani saat pembelian tiket.

“Jadi salah satu antisipasi meminimalisir joki bahwa di konter Rapid Tes itu tidak akan dilayani apabila KTP yang mereka bawa tidak sesuai dengan orang yang terdata di surat keterangan Rapid Tes itu,” ungkapnya.

Selain antisipasi joki, pihak pelabuhan juga mengantisipasi klaster baru jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), dengan terus melakukan pengawasan terhadap keluar masuknya penumpang di Pelabuhan Soekarno Hatta dan tetap menegakkan protokol kesehatan (Prokes).

“Jadi antisipasinya kita tetap melakukan pengawasan. Kita sosialisasikan bahwa masing-masing penumpang itu menjaga kesehatannya, tetap menjalankan protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun,” tuturnya.