oleh

Calon Penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta Wajib Rapid Tes dan Rapid Antigen

admin 1 and Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Antisipasi kasus Covid-19, Pelabuhan Soekarno Hatta mewajibkan calon penumpang yang melakukan perjalanan lewat jalur laut (kapal) memperlihatkan hasil Rapid Test dan Rapid Antigen.

Kepala Bidang Lalu Lintas Laut (Kabid Lala) Otoritas Pelabuhan Makassar, Sirajuddin mengatakan calon penumpang yang akan membeli tiket wajib memberikan hasil Rapid Test dan Rapid Antigen.

“Setiap calon penumpang yang akan membeli tiket, itu diwajibkan untuk memberikan hasil Rapid Test dan hasil Rapid Antibody,” ujar Sirajuddin, saat dihubungi Bacapesan.com, Rabu (23/12/2020).

Sirajuddin menegaskan calon penumpang tidak akan dilayani dalam pembelian tiket jika tidak menunjukan hasil Rapid Test dan Rapid Antigen untuk membuktikan bahwasanya penumpang bebas dari Covid-19.

“Jadi sebagaimana yang saya sampaikan tadi bahwa setiap penumpang yang ingin membeli tiket diwajibkan untuk melakukan Rapid Tes. Jadi tidak akan dilayani di loket pembelian tiket apabila tidak memperlihatkan hasil Rapid Testnya, bahwa mereka dikatakan negatif,” ungkapnya.

Pasalnya, selain posko penampungan penumpang, Pelabuhan Soekarno Hatta juga menyediakan konter pemeriksaan Rapid Test dan Rapid Antigen, yang bekerjasama dengan Klinik Aska 01 Madipa. Sekali Rapid Test, dikanakan tarif Rp150 ribu sementara untuk Rapid Antigen dikenakan tarif Rp250 ribu.

“Jadi diposko kita itu, terdapat konter pemeriksaan Rapid Test dan Rapid Antigen. Itu ada dua konter disitu bekerjasama dengan Klinik Aska 01 Madipa. Tetap dalam pengawasan kami di otoritas pelabuhan dan tentunya kantor kesehatan pelabuhan. Jadi sesuai surat edaran dari Kementerian Kesehatan, bahwa untuk Rapid Test itu hanya Rp150 ribu sedangkan untuk Rapid Antigen Rp250 ribu,” jelasnya. (*)