oleh

Gubernur NA Tinjau Layanan Gratis Tes Antigen di Bandara

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) membuka layanan pemeriksaan gratis rapid antigen di Bandara Sultah Hasanuddin.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah turun langsung meninjau layanan yang pemeriksaan gratis rapid antigen yang disediakan pemprov itu.

Saat melihat layanan pemeriksaan tersebut, Nurdin pertanyakan lama pemeriksaan rapid antigen dan surat keterangan (Suket) melakukan rapid antigen.

“Berapa menit pemeriksaannya Apakah ada (surat) keterangan yang diberikan setelah pendaftaran?,” tanya Nurdin, saat melihat proses pemeriksaan sampel.

Pasalnya, pelayanan gratis ini dilakukan, lantaran beberapa waktu lalu, Nurdin melihat antrian masyarakat mencari layanan rapid antigen di bandara.

Melihat akan hal tersebut, Eks Bupati Bantaeng itu kemudian memerintahkan Dinas Kesehatan Sulsel untuk bekerja sama dengan otoritas Bandara Sultan Hasanuddin untuk melakukan pemeriksaan rapid antigen gratis.

Menjawab pertanyaan dari Gubernur, seorang petugas kesehatan yang mengambil sampel, Masbayanti Tribuana menjelaskan bahwa setelah peserta masuk daftar dan mendapat nomor antrian, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan setelah kurang lebih 30 menit peserta akan menerimah Suketnya.

“Itu Pemeriksaannya 15-30 sampai keluar suketnya. Ini sensivitasnya 92 persen. Ini waktu pemeriksaannya cepat,” jelasnya.

Ditempat yang sama, salah seorang penumpang tujuan Surabaya, Dewi Kurnia menyebutkan bentuk layanan ini merupakan respon cepat atas kebutuhan masyarakat atas keselamatan kesehatan.

“Bagus cekatan banget, soalnya beberapa pulau sudah mulai buat aturan untuk pakai antigen. Jadi dari Gubernur, dari Pemprov Sulsel sangat cekatan membuat kebijakan gratis antigen, ini sangat membantu,” ucapnya.

Kurnia mengatakatan mengetahui informasi ini dari berita online dan juga grup WA. Bagi peserta yang ingin mendaftar bisa mengakses www.bit.ly/daftar-rapid-gratis.