oleh

Pempov Sulsel Buka Layanan Pemeriksaan Gratis Rapid Antigen

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengadakan layanan pemeriksaan gratis rapid antigen di Bandara Sultah Hasanuddin dan di Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia Sulsel (YKI Sulsel), Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar samping RSKD Dadi.

Pasalnya pelayanan gratis rapid antigen tersebut, atas kerjasama Dinas Kesehatan Sulsel udan otoritas Bandara Sultan Hasanuddin.

Kabid Layanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Jamaluddin mengatakan munculnya layanan pemeriksaan gratis rapid antigen, atas inisiasi dari Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah yang beberapa waktu lalu melihat adanya warga yang mencari pelayanan rapid antigen.

“Ini muncul atas inisiasi Pak Gubernur melihat orang yang akan berangkat mencari pelayanan rapid antigen, sehingga kota membuka layanan ini secara gratis,” ujar Jamaluddin, Rabu (23/12/2020).

Jamaluddin mengatakan pihaknya diminta untuk membuka dua layanan di tempat berbeda, yakni di Bandara Sulhas dan di Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia Sulsel (YKI Sulsel), Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar samping RSKD Dadi.

“Ini bekerjasama dengan Angkasa Pura dan ini satu-satunya di Indonesia, belum ada di tempat lain. Yang mau lewat laut bisa tes di YKI Cabang Sulsel,” jelasnya.

Pasalnya, kuota yang dipersiapka dalam sehari, sebanyak 100 rapid tes antigen. Adapun, proses pendaftaran dilakukan via online. Di bandara Sultan Hasanuddin pelayanan telah dilakukan sejak Selasa 22 Desember 2020 kemarin, mulai pukul 09.00 – 16.00 Wita. Sedangkan di YKI Sulsel mulai hari ini, Rabu 23 Desember 2020.

Perihal akhir dari pelayanan gratis rapid antigen ini, Jamaluddin belum bisa memastikan. Sebab, menurut dia pelayanan tersebut dilakukan sesuai kebutuhan.

“Adapun soal berakhir, Bapak (Gubernur) belum tentukan kapan berakhirnya. Sama seperti rapid tes gratis dulu, ini sesuai kebutuhan,” ungkapnya.