oleh

Sekolah Tatap Muka Masih Wacana, Kasus Covid-19 Terus Meningkat

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Rencana dibukanya kembali sekolah tatap muka pada Januari 2021, masih menjadi wacana, akibat peningkatan kasus positif covid-19 di Sulawesi Selatan.

“Jadi kalau ditanya bisa dibuka sekolah, kalaupun kondisinya masih seperti ini tentu sulit. Oleh karena itu kita upayakan kendalikan semuanya supaya turun, turun sekitar hampir 15 per hari. Mudah-mudahan kita dapat sampai Januari sehingga kita dapat sekolah itu bisa dibuka,” ujar Ketua Tim Epidemiologi Satgas, Ansariadi, Selasa (22/12/2020).

Epidemiolog Universitas Hasanuddin (Unhas) itu, mengatakan terdapat 1.273 penambahan kasus positif per 20 Desember lalu.

“Terjadi peningkatan kasus sangat derastis di Makassar satu Minggu terakhir. Dan Minggu lalu ada 1000 lebih kasus. Kegiatan-kegiatan ke depan berpotensi menimbulkan kasus baru,” tuturnya.

Selain itu, Ansariadi mengatakan dengan meningkatnya kasus covid-19, kegiatan-kegiatan kedepan berpotensi menimbulkan klaster baru. Untuk itu, ia berharap masyarakat sadar dan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Kita harapkan interaksi antara orang ini jangan teralu banyak,” harapnya.

Lebih lanjut, ia pesimis jika sekolah tatap muka dibuka pada Januari mendatang. Melihat kasus pandemi covid-19 sulit untuk dikendalikan

“Nah kalau masuk kesitu kita buka sekolah dan kita rekomendasikan buka sekolah. Tetapi kalau kita begini terus-terusan sampai Februari, yah sulit,” ungkapnya.

Menurut Ansariadi, yang harus dilakukan saat ini adalah mengendalikan peningkatan kasus pandemi covid-19. Sebab pembukaan sekolah tatap muka tergantung dari perkembangan kasus Covid-19.

“Intinya adalah kendalikan ini, kita berupaya mengendalikan. Supaya kasusnya menurun sama seperti diakhir Oktober kita hanya dapat kasus 15 per hari,” tuturnya.