oleh

Jatah Vaksin Covid-19 Sulsel Tunggu Data Klinis Rampung

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Perkembangan jatah vaksin untuk Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga kini masih dalam proses mempersiapkan data klinis.

Dikatehui, saat ini program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Indonesia kini tinggal menunggu izin edar vaksin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sebelumnya, pada Rabu 16 Desember 2020 lalu, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan akan diberikan gratis untuk seluruh rakyat Indonesia.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengatakan saat ini, pihaknya tengan mempersiapakan data klinis, untu mempersiapkan pendistribusiannya. Sebab, vaksin tidak bisa diberikan kepada masyarakat jika kondisi tubuhnya tidak stabil (Sakit atau ada alergi).

“Kita lagi persiapkan data klinis. Jadi kita siapkan dulu baru kita pikirkan bagaimana pendistribusiannya karena Tidak bisa divaksin kalau dia lagi sakit, ada alergi dan sebagainya,” ujar Nurdin, Kamis (24/12/2020).

Diketahui, Kementerian Kesehatan telah menetapkan enam jenis vaksin yang akan digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia, yaitu Bio Farma, Moderna, Pfizer-BioNTech, Sinopharm, Oxford-AstraZeneca, dan Sinovac.