oleh

OJK Rangkaikan Hari Jadi dengan Berbagi  ke Pelajar Terdampak Covid

Syarifah Fitriani and Hikmah-Keuangan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan bantuan kepada pelajar dan mahasiswa yang terdampak  Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Bantuan tersebut diberikan dalam rangka hari ulang OJK yang Ke-9. Bantuan tersebut dikumpulkan, selanjutnya Kantor OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua (OJK KR6) melalui Ikatan Pegawai OJK Komisariat Kantor Regional 6 Sulampua (IPOJK KR6) menyalurkan dana sosial tersebut melalui pembukaan rekening Simpanan Pelajar (SimPel).

Beberapa pelajar yang memperoleh bantuan yakni pelajar di SD Muhammadiyah 6, SMP Muhammadiyah 5, dan SMA Muhammadiyah 4 Makassar yang semuanya berlokasi di Jl. Gagak Lr. 4 Makassar.

Pelaksanaan penyerahan bantuan sosial diserahkan secara langsung oleh Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Kantor OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua, Patahuddin, pada tanggal 23 Desember 2020.

Dalam sambutannya, Patahuddin menyampaikan bahwa sebagai bantuan tersebut sebagai wujud nyata dalam peningkatan inklusi keuangan (tingkat pengguna jasa keuangan), sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia yang telah menargetkan inklusi keuangan pada akhir tahun 2024 sebesar 90%, dan sejalan dalam mendukung program One Student One Account

(OSOA)/Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), maka dalam kesempatan ini, OJK KR6 menyalurkan dana sosial tersebut kepada pelajar melalui pembukaan rekening simpanan pelajar dengan menggandeng Bank BNI Syariah sebagai bank penyelenggara simpanan pelajar (SimPel iB).

Adapun total dana yang akan disalurkan adalah sebesar Rp25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) yang akan diberikan kepada pelajar melalui pembukaan rekening sebanyak 138 rekening yang terdiri dari 50 pelajar tingkat SD, 44 Pelajar tingkat SMP, dan 44 pelajar tingkat SMA.

“Melalui pembukaan rekening ini setidaknya maksud dan tujuan kita selain dapat membantu anak-anak dalam menggunakan saldonya untuk membeli paket data yang merupakan kebutuhan dalam proses belajar secara daring, tentu kami juga berharap agar rekening tabungan tersebut dapat menjadi sarana anak-anak kita untuk dapat menerapkan budaya menabung sejak dini.” ungkap Patahuddin.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pengurus Yayasan, kepala sekolah, guru, dan perwakilan siswa dari tiga tingkatan sekolah yang berbeda serta pihak Bank BNI Syariah selaku bank penyalur SimPel iB.

Ketua Yayasan Muhammadiyah, Drs. Ma’ruf Abdul Rauf mengucapkan terima kasih kepada OJK yang telah memberi bantuan kepada siswa kami yang tergolong dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah sehingga bisa memiliki tabungan dan diharapkan siswa dapat memanfaatkan produk-produk perbankan dan menanamkan gerakan gemar menabung,” tutupnya.