oleh

Punya 330 Pulau, NA Harap Ada Rekomendasi Konkrit Dorong Ekonomi Sulsel

Syarifah Fitriani and Ratih-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Kaya akan sumber daya alam, Sulawesi Selatan mempunyai 330 pulau. Namun, hampir setiap tahun program perencanaan lebih memfokuskan pada insfrasturuktur di darat.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berharap ada sebuah rekomendasi yang konkrit untuk mendorong ekonomi yang memang menjadi sumber kekuatan dari Sulawesi Selatan.

“Pulau Sulawesi, di dalamnya ada Sulsel yang memiliki 330 pulau. Hampir rata-rata setiap tahun membuat perencanaan lebih memfokuskan pada pembangunan infrastruktur di darat. Saya berharap hari ini ada sebuah rekomendasi yang konkrit tentang bagaiaman mendorong ekonomi kita berdasarkan basis kekuatan kita,” ujar Nurdin, Kamis (24/12/2020).

Eks Bupati Bantaeng itu, mengatakan selama ini yang termasuk menjadi permasalahan dan tugas yang harus diselesaikan, karena hanya fokus pada infrastruktur darat dan mengesampingkan kehidupan masyarakat di pulau.

Untuk itu, Nurdin menyebut di akhir tahun 2020 hingga tahun 2021 fokus pada sektor perikanan dan kehidupan masyarakat pulau. Sebab, potensi yang ada di pulau belum dilihat sebagai potensi yang besar. Padahal menurutnya Sulsel sebagai penyangga pangan.

Kendati demikian, perihal potensi yang belum tergarap maksimal adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih bertumpu pada non-pertanian, non-perikanan, non-peternakan, non-pariwisata. Masih dinominasi pajak kendaraan.