oleh

Berkah Natal, 13 WBP Dapat Remisi

Syarifah Fitriani and Ratih-Hukum-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Momentum Natal membawa sukacita bagi  kaum nasrani yang merayakannya. Berkah dan suka cita ini, tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di kalangan luar saja, namun juga dirasakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) kelas I Makassar.

Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistiyadi mengatakan pihaknya mengusulkan 13 WBP untuk mendapat remisi dari total 1.562 WBP. Pasalnya, nama yang diusulkan tersebut, mereka semua dinilai memenuhi syarat dan berhasil mendapatkan remisi.

“Yang kami usulkan itu ada 13 nama. Yang diberi remisi juga 13 orang. Yang kita usulkan itu semuanya memenuhi syarat untuk dapat remisi. Kalau rinciannya, yang dapat remisi satu bulan itu ada 9 orang. Sementara empat orang sisanya itu dapat remisi setengahnya, 15 hari ,” ujar  Sulistiyadi,  di Rutan Kelas I Makassar, Jum’at (25/12/2020).

Sulistiyadi mengatakan dari 13 orang yang mendapat remisi, sembilan diantara mereka mendapatkan jatah remisi satu bulan, sementara empat sisanya hanya mendapat remisi 15 hari alias dua pekan.

Lebih lanjut, ia mengatakan setelah mereka melakukan penghitungan ulang masa tahanan, dari 13 nama yang mendapat remisi, terdapat dua WBP yang sudah memenuhi syarat untuk mendapat asimilasi rumah.  Pasalnya, Dua warga binaan pemasyarakatan yang bebas hari ini berasal dari nara pidana umum (bukan tahanan).

“Setelah dilakukan penghitungan kembali dari remisi tersebut, ternyata ada dua orang yang hari ini bisa kembali ke rumah. Itu dari Napi umum ,” ungkapnya.

Sulistiyadi berharap  dengan adanya remisi di hari natal ini,  semua warga binaan pemasyatakatan bisa memaknai makna hukuman dan memperbaiki diri agar bisa lebih baik kedepannya.

“Semoga ini menjadi pemicu untuk warga binaan. Kalian semua punya peluang jadi warga negara yang baik. Kesempatan anda belum ditutup,” harapnya.

Diketahui, Pemberian Remisi Khusus pada peringatan hari raya natal tahun 2020 ini berlangsung di Aula Lantai II Rutan Kelas I Makassar, jalan Rutan, kota Makassar. Yang dirangkaikan dengan peresmian Gereja Oikumene Rutan Kelas I Makassar, yang dihadiri oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto, juga sejumlah pendeta yang ada di kota Makassar.