oleh

Mentan RI Lirik Pesawat Rakitan Pemuda Asal Pinrang

PINRANG, BACAPESAN.COM – Pesawat rakitan milik Haerul kembali mendapat apresiasi. Kali ini, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo melirik pesawat rakitan pemuda asal Kabupaten Pinrang tersebut.

Hal itu disampaikan Tim Pendamping, Prof Nasaruddin Salam saat ditemui di lokasi perakitan Kelurahan Pallameang, Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang, Sulsel, Senin (28/12).

“Pendampingan ini kami lakukan agar pesawat yang dibuat ini sesuai dengan standar keselamatan penerbangan, kami akan lakukan pendampingan hingga pesawat tersebut bisa terbang atau mengudara,” papar Prof Nasaruddin Salam.

Sambung Prof Nasaruddin, pendampingan ini harus tetap dilakukan agar produk ini bisa berkembang. Empat bulan pendampingan, pesawat rakitan milik Haerul menunjukkan hasil. Targetnya, Mei 2021 sudah bisa terbang dengan kecepatan 180 Km Perjam.

“Hasil diskusi dengan Menteri Pertanian, jika perakitan pesawat ini berhasil sesuai dengan harapan dan bisa digunakan untuk pertanian maka Pak Menteri juga memesan satu,” ungkap Guru Besar Universitas Hasanuddin.

Terpisah, Pilot Pesawat Rakitan, Salam mengatakan rancangan pesawat harus mengikuti standar yang ditetapkan pemerintah, termasuk pesawat rakitan milik Haerul. Meski begitu, dirinya optmisitis pesawat rakitan itu bisa segera rampung.

“Kita optimis pesawat ini terbang sempurna. Makanya, kita pantau terus, jika ada kekurangan segera diperbaiki untuk memperoleh hasil yang maksimal,” jelasnya.