oleh

Jelang Tahun Baru, Kasus Covid-19 di Sulsel Naik Hingga 4 Kali Lipat

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Jelang tahun baru 2021, kasus pandemi covid-19 melonjak di Sulwesi Selatan (Sulsel). Berdasarkan data, kenaikannya hingga 4 kali lipat.

Ketua Tim Konsultan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengungkapkan selama tiga pekan jelang tahun baru 2021, kasus covid-19 di Sulsel mengalami peningkatan sampai empat kali lipat atau 550 terkonfirmasi positif. Angka tersebut dinilai sangat mengkhawatirkan.

“Jadi sekarang tiga pekan ini kasus covid-19 mengalami peningkatan tiga sampai empat kali lipat. Kasus harian itu kurang lebih 550. Angka ini tentu sangat mengkawatirkan,” ujar Prof Ridwan, Kamis (31/12).

Tingginya angka kasus covid-19, Prof Ridwan mengatakan pemerintah baik Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar telah membuat kebijakan dengan tujuan bisa menurunkan angka kasus. Salah satunya, penerapan jam malam, penyedian rapid tes dan rapid antigen gratis.

“Karena itu pemprov dan pemkot diminta menyusun kebijakan untuk mengurangi interaksi penduduk.¬†Opsi yang dipilih adalah pembatasan jam malam dan beberapa kegiatan yg lain termasuk misalnya penyediaan tempat testing antigen,” ungkapnya.

Terkait keefektivan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, Prof Ridwan belum bisa memberikan penjelasan. Sebab, hal itu bisa diketahui dan dilihat setelah dua pekan berjalan.

“Tentu kalau mau melihat efektivitasnya itu nanti bisa dilihat 1 2 pekan kedepan, karena itu tidak serta merta diberlakukan lantas sepekan ini langsung ada hasilnya,” jelasnya.