oleh

Pemprov Sulsel Persiapkan Data Klinis Penerima Vaksin

Editor : Armansyah, Penulis : Ratih-Berita, Kesehatan, Metro, Pemerintahan, Peristiwa-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tengah persiapkan data klinis penerima vaksin. Pasalnya, distribusi vaksin ke daerah akan segera dilakukan.

Meski begitu, vaksin belum bisa di implementasikan, karena pelaksanaan vaksinansi hanya dapat dilakukan setelah vaksin mendapatkan izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat (UEA) dari BPOM.

Ketua Tim Konsultan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengatakan Pemprov Sulsel saat ini tengah mempersiapkan data klinis penerima vaksin covid-19 tersebut. Hal itu, sesuai arahan Menteri Kesehatan (Menkes) perihal persiapan hal-hal yang mendukung pelaksanaan vaksin.

“Sesuai dengan arahan Menkes, masing-masing daerah diminta untuk persiapkan hal-hal yang mendukung pelaksanaan vaksin. Mulai dari rantai vaksinnya, SDM-nya, sampai pada daftar list orang-orang yang akan divaksin,” ujar Prof Ridwan–sapaan akrabnya, Jum’at (1/1).

Prof Ridwan menjelaskan prioritas pemberian vaksin covid-19 dilihat berdasarkan tingkat resiko. Misalnya, petugas kesehatan sebagai garda terdepan kemudian pasien dan kelompok yang beresiko lainnya seperti komorbid.

“Prioritas itu berdasarkan resiko. Petugas kesehatan tentu yg menjadi prioritas pelaksanaan vaksin. Karena sekarang kita lihat petugas kita semakin banyak yg terpapar covid, ini sangat mengkhawatirkan. Jadi diharapkan petugas kesehatan yg pertama beserta pasien, kemudian kelompok berisiko selanjutnya termasuk komorbid,” bebernya.

Kendati demikian, Prof Ridwan berharap pelaksanaan vaksin gratis covid-19 itu dapat dilakukan secara simultan agar memberikan efek yang lebih nyata.

“Diharapkan pelaksanaannya itu dilakukan secara simultan agar memberikan efek yg lebih nyata,” harapnya.