oleh

Perilaku Konsumtif, BKD Sulsel Sebut Banyak ASN Gadaikan SK ke Bank

Editor : Armansyah, Penulis : Ratih-Berita, Gaya Hidup, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Kepegawaian Daerah Sulsel menyebut banyak Aperatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) menggadaikan Surat Keputusan (SK) ke Bank. Hal itu lantaran pegawai tersebut memiliki perilaku konsumtif.

Bahkan, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah telah menyindir perilaku ASN tersebut saat menyerahkan SK CPNS 2019 diruang Rapat Pimpinan (Rapim) beberapa waktu lalu. Tak sedikit yang menyimpan SK di Bank bukan di rumah.

Kepala BKD) Sulsel, Imran Jausi mengatakan, dirinya tak menampik banyak pegawai yang memiliki perilaku konsumtif. Bahkan, perilaku tersebut membuat SK ASN digadai di Bank.

“Iya banyak apalagi pegawai yang lama. Banyak itu yang ambil pinjaman dengan jadikan SK sebagai jaminan. Jadi selama inikan banyak CPNS itu sangat konsumtif, dalam arti belum mendesak banget sudah langsung menggadaikan SK-nya untuk pinjaman Bank,” beber Imran, Sabtu (2/1).

Padahal, sambung Imran, gaji dan tunjangan yang didapat oleh ASN saat ini cukup besar. Sehingga, ia mengingatkan seluruh PNS lingkup Pemprov Sulsel agar lebih bijak dalam menggadaikan SK.

“Jadi Pak Gubernur berharap janganlah. Karena sesungguhnya gaji dan tunjangan itu kalau untuk hidup sudah lebih dari cukup. jangan terburu-buru konsumtif sampai pinjam di bank,” harapnya