oleh

Ini Analisa Pengamat Soal Rudal Temuan Nelayan Selayar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Nelayan asal Selayar, Saeruddin menemukan rudal dan tampak seperti drone. Saat ditemukan, kondisinya masih aktif ditandai dengan lampu berkedip-kedip. Saat ini, benda tersebut telah diamankan oleh TNI.

Terkait itu, Pengamat Pertahanan, Arqam Azikin memberikan analisis soal rudal temuan nelayan tersebut. Ia menilai, langka Saeruddin sudah tepat dengan inisiatif menyerahkan rudal ke aparat TNI untuk kemudian diteliti.

“Patut diapresiasi pak Saeruddin yang mempunyai inisiatif mengamankan drone tersebut ke daratan dan melaporkan ke aparat setempat,” ucap Arqam Azikin, Minggu (3/1).

Sambung KAK—sapaan akrabnya, rudal tersebut harus segera diperjelas statusnya. Jika tidak ada cap TNI dibagian benda itu, kemungkinan besar dan bisa dipastikan rudal tersebut merupakan milik kelompok diluar Indonesia.

“Bila mencocokkan beberapa benda yang mirip, ada yang menduga benda itu milik China atau USA. Disitulah perlu penyelidikan TNI secara tepat dalam mengklarifikasi data-data awal yang ada pada benda tersebut,” paparnya.

Bahkan, kata Dosen Universitas Muhammadiyah itu keberadaan rudal patut diduga ada penyusup yang hendak masuk ke Indonesia. Salah satu yang disasar, perihal keamanan di wilayah perairan Indonesia.

“Ini sudah kejadian ketigakalinya ditemukan hal serupa di wilayah perairan kita, maka segenap pasukan elit AL agar meningkatkan kewaspadaan dalam menangkal ancaman pertahanan negara di lokasi strategis yang rawan “operasi pengintaian” di wilayah Laut dari pihak manapun,” ungkapnya