oleh

Sejumlah Figur Pilkada Bone Menguat, Ini Penilaian Tokoh Pemuda

Armansyah-Berita, Pilkada, Politik-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) memang belum diputuskan, apakah 2022 atau 2023. Termasuk Pilkada Bone. Meski begitu, sejumlah figur favorit dinilai layak maju bertarung di Pilkada Bone. Baik, yang saat ini berada di Bone, atau berkiprah di Sulsel hingga nasional.

Tokoh Pemuda Sulsel asal Bone, Ola Mallawangeng memberikan penilaian tersendiri terhadap sejumlah figur yang dinilai layak melanjutkan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi-Ambo Dalle.

Mereka yang dari kalangan politisi atau legislator antara lain Andi Akmal Pasluddin (DPR RI), Andi Rio Idris Padjalangi (DPR RI), Andi Irwandi Nasir (DPRD Provinsi Sulsel), Andi Mangunsidi (DPRD Provinsi Sulsel), dan Andi Yaqkin Padjalangi (mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel).

Sementara, dari kalangan birokrat terdapat nama nama, seperti Andi Bakti Djufri (Kepala BPN Kota Bekasi), Ambo Dalle (Wakil Bupati Bone), Andi Gunadil Ukra (Kepala Dinas Sosial Bone), Andi Promal Pawi (Kepala Dinas Pariwisata Bone), dan Andi Syamsiar Halid (Kepala Dinas Pendidikan Bone).

“Saya menilai mereka yang berlatar belakang politisi, birokrat, dan akademisi tersebut adalah figur yang tepat maju di Pilkada Bone mendatang. Kemampuan mereka termasuk dari segi ketokohan mereka sangat layak menjadi pemimpin di Bone,” ungkap Ola, Minggu (3/1).

Namun, Ola menilai Pilkada Bone nantinya akan semakin menarik jika figur seperti Andi Amran Sulaiman ikut bertarung. Minimal, klan yang berada dalam garis keluarga mantan Menteri Pertanian tersebut.

“Kita juga menunggu figur dari klan mantan Mentan Andi Amran Sulaiman siapa yang akan didorong maju di Pilkada Bone. Ini jelas akan menarik,” ujarnya.

Kata Ola munculnya sejumlah figur tersebut tidak lain karena masyarakat ingin ada suasana baru dan penyegaran di dalam kepemimpinan Bupati Bone.

“Banyaknya figur tersebut, utamanya dari luar Bone yang sudah berkiprah di level provinsi hingga nasional, karena masyarakat ingin ada perubahan-perubahan yang signifikan di Bone, baik itu pemerataan pembangunan hingga peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” terangnya.

“Ini juga bagus, karena menandakan Bone memiliki banyak tokoh dan calon pemimpin. Masyarakat juga banyak pilihan terbaik untuk memajukan Bone. Oleh karena itu, masyarakat harus selektif memilih figur yang tepat pada pilkada mendatang,” tambah mantan pengurus KNPI Sulsel periode 2013-2016 ini. (***)