oleh

Tak Ada lagi Pengangkatan PNS Bagi Guru, IGI: Ini Kesempatan

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah memastikan jalur penerimaan CPNS untuk formasi guru sudah tidak ada lagi. Sistem perekrutannya kini melalui sistem Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ikatan Guru Indonesia (IGI) justru menilai perubahan mekanisme perekrutan guru tersebut merupakan sebuah kesempatan. Pasalnya, sebuah kebijakan mesti disikapi dengan positif sebab setiap pemangku jabatan memiliki aturannya sendiri.

“Kebijakan pemerintah bisa berubah kapan saja tergantung siapa pejabatnya. Maka itu daripada kita ribut, kita fokus mensyukuri kuota 1 juta ini dengan fokus meluluskan guru-guru terutama anggota IGI dalam seleksi PPPK,” kata Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim, Minggu (3/1).

Dibandingkan harus meratapi keputusan pemerintah tersebut, MRR–akronim namanya, mengimbau agar seluruh guru memanfaatkan kesempatan dan melengkapi persyaratan agar bisa lulus seleksi PPPK.

“Tak perlu kita ribut soal CPNS, jangan sampai kambing berkualitas didepan mata lepas karena bermimpi dapat onta gemuk. Dan ingat, kebijakan pemerintah itu tak ada yang permanen, berganti pejabat berganti kebijakan karena itu mari kita fokus membantu guru agar mereka bisa lulus PPPK,” imbaunya.

Meski PPPK tak setara dengan PNS, namun, kata Ramli, hadirnya keputusan ini  menjadi angin segar bagi tenaga honorer yang diberi upah tak seberapa. Belum lagi, masa bakti yang telah dilakukan selama puluhan tahun.

“Lama sudah kita berjuang agar status guru diperjelas, pendapatan guru diperjelas, kualitas guru diperjelas, dan jangan lagi ada guru yang dihina dan dipermalukan dengan honor hanya Rp.250.000 perbulan, inilah waktunya,” tutup Ramli