oleh

HAB ke-75, Gubernur Sulbar Tekankan Sikap Toleransi

MAMUJU, BACAPESAN.COM — Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar menekankan sikap tolerasi dan kerukunan umat beragama dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75, yang jatuh pada 5 Januari 2021.

Dia mengatakan toleransi dan kerukunan umat beragama mesti dilakukan tanpa mengusik kaidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

“Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri,” kata Ali Baal Masdar.

Dalam upacara seremonial yang dilakukan di Kantor Kementrian Agama Sulbar, Selasa (5/1) pagi tadi. Ali Baal Masdar selaku inspektur upacara membacakan sambutan seragam Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Kata Ali, tema HAB ‘Indonesia Rukun’ sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju.

Sebab menurut dia, tanpa kerukunan akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia .

Ali juga menitip pesan Menteri Agama Yaqul Cholil terkait tiga strategi dalam mengelola Kementrian Agama.

Ketiganya yakni menagemen pelayanan dan tata kelola birokrasi harus semakin baik, perkuat moderasi beragama, serta merawat persaudaraan umat beragama.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Satya Lencana  Karya Satya kepada tujuh orang ASN lingkup Kemenag Sulbar. Rinciannya, tiga ASN masa bakti 20 tahun, empat orang masa bakti 10 tahun.

Sekaligus memberikan bantuan Covid-19 keoada 18 pondok pesantren yang ada di Kabupaten Mamuju Sulbar.