oleh

Pembatasan Jam Operasional Diperpanjang, Pakar Ekonomi Bilang Begini

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Bisnis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar resmi memperpanjang pembatasan jam operasional untuk Cafe, Mall dan Restoran hingga 11 Januari mendatang. Sejumlah pihak memberikan tanggapan, salah satunya pakar ekonomi Unismuh, Abdul Muthalib Hamid.

Menurut Abdul Muthalib Hamid, aturan perpanjangan pembatasan jam operasional bakal memperparah kemerosotan ekonomi di Kota Makassar. Pembatasan tersebut dinilai akan berkontribusi negatif terhadap pertumbuhan sektor jasa maupun sektor produksi di kota Makassar.

Dosen Unismuh itu memprediksi dengan adanya kebijakan baru Pj Walikota Makassar akan berkontraksi terhadap perekonomian. Terlebih karena yang ditutup adalah fasilitas umum yang mana terjadi perputaran uang yang cukup besar di dalamnya.

“Dengan Menutup sementara tempat-tempat fasilitas umum, seperti Pantai Losari, Lego-Lego, Kanrerong, Kawasan Center Poin of Indonesia, Pantai Tanjung Bayang, Pantai Merdeka, Akkarena, Pantai Barombong dan lain-lain serta membatasi Operasional mal, cafe, restoran, rumah makan, warkop, sampai pukul 19,00 Wita, maka sudah pasti akan berdampak terhadap kontraksi ekonomi terutama dalam sektor jasa akan mengalami penurunan,”ungkap Abdul, Selasa (5/1)

Lanjutnya, jika pembatasan tersebut terus diperpanjang Abdul memprediksi pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar akan sangat minim. Kalau memperhatikan rata-rata pertumbuhan ekonomi kota makassar selama  satu tahun terakhir (2020) pada kisaran 0,02 – 0,05 atau 5 persen.

“Maka dengan adanya kebijakan baru Walikota tersebut, Saya memprediksi pertumbuhan ekonomi akan mengalami penurunan yakni dikisaran 2,7 – 2,9 persen selama bulan Januari-Febriari,”pungkasnya.