oleh

Trend Penggunaan Data XL Melonjak Hingga 70 Persen di Akhir Tahun

Armansyah and Hikmah-Berita, Bisnis, Ekobis, Teknologi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Trend pemakaian layanan data XL Axiata di penghujung 2020 mengalami peningkatan hingga 70 persen secara nasional.

Kenaikan tersebut terjadi saat Natal, tahun baru dan libur panjang dimana didominasi penggunaan data untuk streaming yang menyumbang kenaikan 15 hingga 70 persen. Namun demikian trafik percakapan (voice) mengalami penurunan dan untuk trafik SMS mengalami kenaikan persen dibandingkan hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, Pandemi yang melanda Indonesia tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. Meski tidak leluasa beraktivitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi masa liburan dan merayakan kedua hari besar tersebut dengan beragam aktivitas digital.

“Hal ini bisa dilihat dari trafik data di area pemukiman yang naik sekitar 7 persen dibandingkan hari normal, dengan hampir semua jenis layanan data trafiknya ikut naik,” ujar I Gede, Selasa (5/1).

Khusus di Sulawesi kata I Gede, kenaikan trafik terlihat hanya terjadi di Sulawesi Tenggara, yaitu sebesar 13 persen dan Sulawesi Utara 12 persen. Sementara jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik yang terjadi di tahun ini tidak setinggi di tahun-tahun sebelumnya.

“Adanya pembatasan pengunjung dan himbauan untuk tidak bepergian kemungkinan telah berdampak pada tidak terjadinya keramaian di lokasi-lokasi tersebut,” pungkasnya