oleh

Dinkes Pertimbangkan Suntik Vaksin ke Nakes Penderita Hipertensi

Armansyah and Ratih-Berita, Kesehatan, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Vaksin jenis Sinovac telah tiba di Sulsel, ada 30ribu dosis saat ini dalam box cold Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel. Rencananya, tenaga kesehatan (Nakes) yang bakal diberikan vaksin pertama.

Hanya saja, pemberian vaksin ke Nakes tak asal-asalan. Ada syarat yang mesti dipenuhi oleh setiap Nakes sebelum divaksin. Nakes yang memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid hipertensi tidak diwajibkan disuntik vaksin.

“Yang pertama itu diukur dia punya komorbid hipertensi. Apa terkontrol.  Jika terkontrol tidak apa-apa. Sesak napas, saya kira dipertimbangkan untuk tidak diberikan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari, Rabu (6/1).

Terkait mekanisme suntik vaksin, Ichsan menjelaskan, setiap Nakes wajib mendaftar via online dan mengisi formulir. Sebelum disuntik, Nakes akan diberikan edukasi terlebih dahulu sembari pemeriksaan kesehatan. Usai disuntik, nakes akan menunggu selama 30 menit sebelum diizinkan keluar.

“Jadi, kita lakukan observasi selama 30 menit apakah ada efek lain yang terjadi selama 30 menit itu, ditunggu dulu.  Artinya diliat jangan sampai ada efek. Kalau ada efek langsung ditangani itu. Artinya bukan berarti bahwa vaksin ini punya efek,” jelasnya