oleh

Nurdin Abdullah Sebut Jeneponto Potensi Jadi Lumbung Energi dan Pangan di Sulsel

Armansyah and Ratih-Berita, Daerah, Jeneponto-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyebut Jeneponto berpotensi menjadi lumbung energi dan pangan di Sulsel. Pasalnya, Jeneponto ditunjang oleh insfrastruktur yang memadai misalnya Bendungan Kelara dan Karalloe.

Bahkan, dengan potensi sebagai lumbung energi Jeneponto bisa menjadi pusay smelter dengan fasilitas pengolahan hasil tambang yang energinya berasal dari tenaga angin. Tidak hanya itu, Jeneponto juga memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) kapasitas 72 MW serta berbagai potensi energi lainnya yang dapat dimaksimalkan.

“Apalagi kalau nanti Kelara selesai, itu puluhan ribu hektare lahan bisa diairi. Dari seluruh daerah di Sulsel, Jeneponto ini potensi anginnya paling tinggi. Paling berkualitas. Jadi hampir semua investor yang datang ke saya menyampaikan itu. Saya kira, salah satu syarat untuk mendirikan industri itu adalah listrik,” ujar Nurdin, Kamis (7/1).

Sehingga, Nurdin mengaku siap mendorong proyek-proyek insfrastruktur seperti pembangunan Bendungan Kelara dan Bendungan Karalloe yang diyakini dapat menjadikan Jeneponto sebagai lumbung energi dan lumbung pangan.