oleh

Pemprov Sulbar Siap Laksanakan Vaksinasi

Armansyah and Sudirman-Berita, Sulbar-

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengikuti rapat Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi bersama Presiden Jokowi dan dilakukan secara virtual di ruang Oval Kantor Gubernur Sulbar, Kamis, (7/1).

Kata Ali, pihaknya siap melaksanakan vaksinasi di Provinsi Sulbar sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo. Bahkan, agenda pemberian vaksin tinggal menunggu jadwal pelaksanaan secara serentak, Rabu (13/1) mendatang.

“Sekitar 500an tenaga medis yang akan mendapatkan pelatihan untuk vaksinasi di Sulbar ini. Kita akan dilaksanakan dalam tiga tahap,” kata Ali Baal.

Terkait pemberian vaksin, Ali mengaku siap disuntik vaksin namun berdasarkan aturan dirinya tidak memenuhi syarat usia. Ia mengimbau agar masyarakat patuh terhadap anjuran pemerintah dengan mau divaksin.

“Untuk itu, saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk patuh terhadap anjuran pemerintah melakukan vaksin, karena tidak ada pemerintah yang menginginkan masyarakatnya menderita,” tandasnya.

Terkait penanganan pandemi covid-19, Presiden Joko Widodo dalam sambutanya menyampaikan, rencana pelaksanaan vaksinasi meminta pemerintah daerah untuk bersiap menjalankan program vaksinasi ini di wilayah masing-masing.

“Saya minta kesiapan-kesiapan kita dalam rangka menuju vaksinasi ini betul-betul agar dicek dan dikontrol oleh para gubernur,” kata Presiden.

Ia juga menyampaikan, hingga saat ini Indonesia telah memesan kurang lebih sebanyak 329,5 juta dosis vaksin yang belum termasuk komitmen opsi penambahan pesanan. Untuk memastikan resiliensi atau keterjaminan tersedianya vaksin, pemerintah akan mendatangkan ratusan juta dosis dari berbagai sumber.

“Dalam beberapa hari belakangan vaksin Covid-19 siap pakai mulai terdistribusi ke sejumlah daerah di Indonesia. Proses distribusi tersebut merupakan bagian persiapan rencana vaksinasi gratis yang akan segera dilakukan dalam beberapa waktu mendatang setelah memperoleh izin penggunaan darurat dari BPOM dan memenuhi aspek kehalalan dari MUI,” pungkasnya.