oleh

Tekan Covid-19, PSBB Bakal Diberlakukan di Kota Makassar

Editor : Armansyah, Penulis : Dian-Berita, Headline, Kesehatan, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bakal diterapkan di Kota Makasaar. Alternatif itu diambil jika kasus positif Covid-19 di Kota Makassar tidak melandai dalam kurun waktu dua pekan ke depan.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Ahli Epidemiologi Satgas Covid-19 Kota Makassar, Ansariadi. Kata dia, kasus positif Covid-19 di Kota Makassar terus meningkat sejak beberapa pekan terakhir.

Kondisi ini mengakibatkan okupansi rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 mencapai 80 persen. Begitu pula dengan hotel yang digunakan untuk isolasi mandiri.

“Kalau begini terus situasinya sampai dua minggu ke depan maka PSBB itu akan menjadi alternatif,” tegas Ansariadi, Jumat (8/1).

Meski begitu, pihaknya masih mengupayakan menekan kasus positif dengan memberlakukan pembatasan jam operasional bagi pelaku usaha dan penutupan sementara tempat wisata.

Termasuk menerapkan work from home (WFH) di wilayah perkantoran. Sebab harus ada persiapan yang matang untuk memberlakukan PSBB harus. Jangan sampai menimbulkan gejolak.

“Jadi penekanan-penekanan yang sifatnya tidak seperti PSBB, tapi sedikit demi sedikit mengarah ke PSBB sambil mempersiapkan PSBB sebagai altetnatif terakhir jika memang kasus tidak terkendali,” papar dia.