oleh

Selain Kedelai, Harga Cabai Rawit Juga Melejit

Editor : Armansyah-Berita, Ekobis, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Harga Kedelai di pasaran tembus Rp12ribu perkilogram. Itu, akibat kurangnya pasokan dari negara penghasil kedelai. Alhasil, beberapa pabrik tempe dan tahu terpaksa menghentikan proses produksi.

Belum normal harga kedelai, harga cabai rawit kembali melejit. Bahkan, kenaikannya menyentuh 100 persen di sejumlah pasar tradisional di Makassar. Berdasarkan pantauan, harga cabai rawit sebelumnya berkisar Rp20ribu-Rp25ribu perkilogram. Namun, Minggu kedua Januari tembus Rp50ribu perkilogram.

Humas PD pasar Makassar, Muh.Idris mengungkapkan kenaikan pada cabai rawit disebabkan karena cuaca buruk yang terjadi khususnya di daerah produsen cabai rawit. Misalnya, penghasil cabai rawit di Malino Kabupaten Gowa.

“Hujan yang terjadi beberapa hari di daerah penghasil cabe rawit seperti di Malino mengakibatkan hasil panen cabe membusuk, sehingga cabe yang dihasilkan petani berkurang,” ujar Idris, Sabtu (9/1).

Meski cabai rawit melonjak, namun kata Idris, hal tersebut berbanding terbalik dengan harga cabai besar yang justru mengalami penurunan. Dimana, harga cabai besar Rp35ribu perkilogram menjadi Rp25ribu perkilogram. Untuk bahan pokok lain cenderung normal.

“Daging sapi, tepung terigu, jagung, kacang kacangan dan bawang bawangan harganya normal,” tutupnya