oleh

Puluhan Nakes Postif Covid-19, Pelayanan RSUD Mamuju Ditutup Total

Editor : Armansyah, Penulis : Sudirman-Berita, Daerah, Sulbar-

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Pemkab Mamuju menutup total sementara pelayanan RSUD Mamuju, Minggu (10/1). Kebijakan itu menyusul banyaknya tenaga kesehatan yang terkonfirimasi positif Covid-19.

Jumlah tenaga kesehatan di RSUD Mamuju yang terpapar Covid-19 terus bertambah. Terakhir, empat orang dokter terkonfirmasi positif Covid-19 mengakibatkan pelayanan IGD RSUD Mamuju ditutup selama tiga hari.

Atas kondisi tersebut, Sekda Mamuju, H Suaib mengintruksikan agar RSUD Mamuju ditutup total paling tidak satu pekan ke depan.

Pihak rumah sakit diminta untuk berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan agar pasien rujukan dapat dialihkan ke rumah sakit lain sambil menunggu situasi di RSUD Mamuju aman.

“Saya berharap agar puskesmas dapat dioptimalkan semaksimal mungkin sehingga masyarakat dapat tetap mendapat layanan kesehatan,” kata Suaib, Minggu (10/1).

Menurut Suaib, penutupan total RSUD Mamuju terpaksa diambil untuk mencegah terjadinya penularan yang lebih luas.

Sedangkan, Juru Bicara Satgas Covid-19 Mamuju, Andi Rasmuddin mengatakan dari hasil koordinasi dengan pihak rumah sakit tercatat ada 75 tenaga kesehatan yang positif Covid-19.

Dia merinci tujuh orang dokter, lima orang bidan, masing-masing empat orang di rekam medik dan farmasi, serta 15 orang menejemen.

Selanjutnya, mssing-masing satu orang di poli, radiologi, fisioterapi, gizi, unit transfusi darah, instalasi central sterile supply departement (CSSD), dan cleaning service.

Kata dia, angka ini merupakan hasil pemeriksaan lebih dari 200 tenaga medis di RSUD Mamuju.

“Angka ini masih bisa bertambah karena masih ada beberapa yang belum dilakukan pemeriksaan intensif,” tutur Andi Rasmuddin