oleh

42 Paket Tender Gagal, Ini Penjelasan BLPBJ Setda Kota Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Setda Kota Makassar mencatat ada 42 paket yang dinyatakan gagal tender tahun 2020.

Kepala Sub Bagian Pelaksanaan Pengadaan BLPBJ Makassar, Surahman mengatakan, paket proyek yang dinyatakan gagal tidak sepenuhnya kesalahan Pemkot Makassar atau OPD terkait. Sebab, rekanan atau penyedia yang kurang atau tidak memenuhi persyaratan yang diinginkan berdasarkan regulasi barang dan jasa.

“Tender gagal itu bukan dinas bukan juga ULP. Tapi, penyedian yang menyampai penawaran tidak memenuhi persyaratan,” ungkap Surahman.

Surahman menjelaskan tugas ULP hanya bersifat mengevaluasi dokumen penawaran yang masuk sudah memenuhi syarat atau tidak. Jika dalam evaluasi terdapat hal yang dianggap tidak memenuhi syarat maka secara otomatis berkas penyedia tidak diterima.

“Kalau memenuhi, tidak mungkin kami gugurkan pasti mereka protes, begitu juga kalau tidak memenuhi syarat tidak mungkin kami luluskan,” jelasnya.

Meski begitu, Surahman menyampaikan pihaknya telah menyelesaikan semua paket yang telah ditarget tahun lalu. Proses tender ini berkat dukungan dan upaya Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

“Alhamdulillah, sudah rampung semua,” pungkasnya.