oleh

14 Januari, NA dan 13 Orang di Sulsel Terima Vaksin Covid-19

Editor : Armansyah, Penulis : Ratih-Berita, Kesehatan, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Program vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan segera dimulai. Di Sulsel, Gubernur dan 13 orang lainnya secara perdana akan divaksin Sinovac 14 Januari mendatang.

Sejumlah persiapan telah dilakukan, Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah (NA) sendiri telah melakukan swab test beberapa waktu lalu untuk memastikan dirinya dalam kondisi negatif virus covid-19 sebagai prasyarat untuk suntik vaksin covid-19, Rabu 13 Januari 2021 dimulai Presiden Jokowi.

“Saya swab test sebagai prasyarat untuk suntik vaksin. Saya siap jadi orang pertama untuk divaksin covid-19,” jelas NA, Selasa (12/1).

Juru Bicara Nurdin Abdullah, Veronica Moniaga mengatakan, swab test dilakukan kepada Gubernur Sulsel untuk menerima vaksin Sinovac pada Kamis (14/1/2021) mendatang ditingkat provinsi.

“Pak Gub sudah melakukan swab test di Rujab. Untuk persiapan penerimaan vaksin,” beber Veronica.

Sementara itu, Otoritas penanganan Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) Sulawesi Selatan merilis daftar penerima vaksin covid-19 perdana. Selain Gubernur Sulsel, ada 13 orang lainnya yang akan menerima vaksin termasuk Wakil Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, Jajaran Forkopimda, dan jajaran unsur pemuda.

“Kami mendapatkan informasi ini waktu sosialisasi vaksin oleh Tim Covid-19 Sulawesi Selatan,” kata Imran Eka Saputra yang saat ini menjabat sebagai Ketua MPI KNPI Sulsel.

Sekadar diketahui, Provinsi Sulsel mendapat jatah sebanyak 66.640 unit vaksin Covid-19 dari pusat. Sementara dari puluhan ribu vaksin itu, jatah di tiap kabupaten/kota akan berbeda.

Salah satu pertimbangannya, tergantung banyaknya tenaga kesehatan yang jadi sasaran vaksinasi di tiap daerah.

Daftar Penerima Vaksin Pertama di Sulsel: Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Pangdam VII Hasanuddin Mayjen Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Kepala Dinkes Sulsel Ichsan Mustari.

Kemudian, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Pengurus MUI Sulsel Andi Wahid Haddade, Ketua PPNI Sulsel Abdul Rakhmat, Wakil Sekretaris PKK Sulsel Aisyah Ahmad, Bendahara Persakmi Eha Sumatri, Ketua Persatuan Apoteker Indonesia Sulsel Prof Gemini Alam, Ketua KNPI Sulsel Nur Kanita Maruddani dan Majelis Pemuda Indonesia KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra.

14.Wakil Sekretaris Persatuan Dokter Gigi Indonesia yang juga Ketua MASIKA ICMI Sulawesi Selatan, Ardiansyah Pawinru.(*)