oleh

2021, Palopo Target 10 Ribu Akseptor KB

Editor : Armansyah-Berita, Palopo-

PALOPO, BACAPESAN.COM — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Palopo menggelar Safari KB, di Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Selasa (12/1).

Tahun ini, Pemkot Palopo menargetkan 10.000 akseptor pada program bangga kencana di Dinas PPKB Palopo.

Plt Kepala Dinas PPKB Palopo, Farid Kasim Judas mengatakan BKKBN memiliki banyak program yang disebut bangga kencana yang memiliki arti luas.

Seperti, pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana. “Intinya, output program itu untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Farid Kasim.

Kata dia, program bangga kencana tidaj hanya mengajak akseptor memasang alat kontrasepsi. Namun juga upaya peningkatan pendapatan yang bersinergi dengan perangkat daerah.

Selain itu, di BKKBN juga ada ‘Tri Bina’. Yakni, membina ibu hamil, membina balita, dan membina anak remaja.

Dia juga nengingatkan pentingnya 1.000 hari masa kehidupan yang berkualitas. Sebab, oada saat itu 70% otak balita sementara terbantuk dengan sempurna.

Farid menyebut 1.000 hari masa kehidupan dimulai sejak pertama kali terjadi pembuahan atau terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun.

“Pada masa itu, waktu yang tepat untuk membangun pondasi kesehatan pada anak,” ujar dia.

Wali Kota Palopo, Judas Amir mengajak masyarakat untuk menyukseskan program Dinas PPKB. Salah satunya, kegiatan Safari KB.