oleh

Avanza, Rush, dan Calya Bawa Kalla Toyota Jadi Penguasa Pasar Otomotif di 2020

Armansyah and Hikmah-Berita, Ekobis, Otomotif-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kalla Toyota Berhasil memimpin pasar otomotif Sulawesi dengan meraup pangsa pasar hingga 30,6 persen dari total penjualan mobil di Sulawesi Selatan sepanjang tahun 2020.
Meski dalam situasi pandemi, fluktuasi penjualan Toyota terlihat positif di tiga bulan terakhir 2020. Pada periode Oktober, November, dan Desember 2020, Kalla Toyota mengalami peningkatan market share.
“Di bulan Oktober, Kalla Toyota memperoleh market share 21,6 persen. Di bulan November naik menjadi 35,7 persen, dan di bulan Desember kembali naik mencapai 39,7 persen. Kalla Toyota optimis akan kembali menguasai pangsa pasar di tahun 2021 mendatang,” ungkap Marketing Manager Toyota, Aswan Amiruddin Rabu (13/1).
Lebih jauh, Aswan mengungkapkan, jika dilihat dari sektor penjualan, passenger-car menjadi sektor yang menyokong penjualan terbesar Kalla Toyota. Berdasarkan catatan, 40,7 persen minat masyarakat Sulawesi Selatan akan sektor passenger car ini. Toyota Avanza, Rush, dan Calya kemudian menjadi tiga unit andalan yang memperoleh penjualan unit terbanyak.
“Toyota Avanza memimpin market share dengan perolehan 39,83 Persen Toyota Rush dengan perolehan 52,33 persen, dan Toyota Calya yang mencapai 53,36 persen. Ketiga unit unggulan Kalla Toyota ini juga berhasil memimpin market share di masing-masing kelasnya,” jelasnya.
Dari semua cakupan Toyota, kata Aswan, jenis Avanza merajai penjualan 15 tahun berturut turut.
“Toyota Avanza selama kurang lebih 15 tahun mampu bertahan memegang teguh mahkota sebagai mobil terlaris. Meskipun banyak pendatang baru di segmennya, Toyota Avanza tetap menjadi legenda mobil keluarga masyarakat Indonesia,” pungkasnya