oleh

DPRD Sulsel Sebut Tunggakan Pemprov Imbas PAD Tak Capai Target

Editor : Armansyah, Penulis : Ratih-Berita, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemprov Sulsel memiliki tunggakan pembayaran kontraktor dan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar Rp270 miliar.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menanggapi kondisi tersebut akibat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel yang tidak terpenuhi.

“Artinyakan tidak bisa kita pungkiri bahwa itu terjadi di karena memang ada hal yang terjadi akibat PAD tidak terpenuhi,” kata Ina, Rabu (13/1).

Ina mengatakan belum terpenuhinya target PAD Sulsel merupakan dampak pandemi Covid-19. Namun dia meyakini pemprov dapat menyelesaikan tunggakan pembayaran tersebut.

“Pemprov pasti akan berusaha menyelesaikan hal tersebut, dan kita berharap ini tidak berlarut-larut dan tidak lama. Tantunya, sudah ada hal yang pemprov ambil langkah untuk menyelesaikan masalah ini,” papar dia.

Diketahui, target PAD Sulsel 2020 sebesar Rp4,1 triliun. Namun total PAD Sulsel hanya mencapai Rp3,8 triliun, atau minus Rp238 miliar lebih.

Selain itu, realisasi PAD Sulsel juga rendah karena transfer dari pusat juga rendah. Seperti, pajak rokok hanya tercapai 74,51 persen atau Rp669 miliar dari target Rp898 miliar.

Begitu pula dengan Dana Bagi Hasil (DBH). Turun minus hampir mencapai Rp79 miliar.