oleh

Penganugerahan Kebudayaan PWI 2021, Taufan Pawe Presentasikan BJ Habibie Sebagai Inspirasi Pembangunan

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe melakukan persentasi di depan para tim Panelis Penganugerahan Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tahun 2021 yang digelar melalui virtual, di Ruang Rapat Wali Kota Parepare, Rabu, 13 Januari 2021.

Presentasi ini cukup membanggakan. Bagaimana tidak, Kota Parepare satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang masuk nominasi pada penganugerahan kebudayaan yang akan diumumkan 15 Januari mendatang.

Adapun Panelis pada Persentase Penganugerahan Kebudayaan PWI Pusat, yakni Prof Ninok Leksono, Dr Nungki Kusumastuti, Agus Dermawan T, Atal S Depari, Yusuf Susilo Hartono.

Dalam persentasinya, Wali Kota Parepare Taufan Pawe mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Tim Panelis dan juga para peserta virtual yang dihadiri oleh sejumlah pengurus teras PWI Pusat dan PWI Provinsi.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan, Kota Parepare merupakan kota kelahiran Presiden ke tiga Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng (B.J. Habibie). Sehingga dirinya menjadikan Bj Habibie beserta sang isti Hasri Ainun Besari menjadi insiprasi pembangunan Kota Parepare.

“Dari sinilah saya mencoba membangun Kota Parepare ini dengan menjadikan BJ Habibie sebagai inspirasi. Kota Parepare minim sumber daya alamnya. Parepare dikenal sebagai kota jasa dan niaga. Bagaimana Parepare bisa menjadi kota tujuan sehingga kami mencoba membangun kota ini dengan melahirkan icon-icon kota bernuansa BJ Habibie,” kata Taufan Pawe.

Taufan juga menjelaskan, icon-icon Kota Parepare tersebut diantaranya Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun, Balai Ainun Habibie, RS Regional Hasri Ainun Habibie, Museum BJ Habibie, dan juga Institut Tekhnologi BJ Habibie (ITH).

“Sebagai bentuk konsistensi untuk mewujudkan Parepare sebagai Kota BJ Habibie kita telah menghadirkan beberapa bangunan monumental dengan mengangkat nama BJ Habibie, dan bahkan di depan pintu gerbang Kota Parepare kita tulis selamat datang di Kota Kelahiran Presiden ke Tiga Republik Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie,” tandasnya.

Taufan Pawe meyakini presentasinya tersebut bakal menambah koleksi penghargaannya Pemkot Parepare yang kini berjumlah 182 selama dirinya menjabat.

“Insyaallah hasilnya nanti yang terbaik dan kita akan menjadi kota dengan raihan terbaik, tapi itu tentunya dibutuhkan kerjasama kita semua dan dukungan seluruh masyarakat Kota Parepare,” kata dia.

Taufan menjelaskan, pada presentasi kali ini dirinya mendapatkan apresiasi yang kuat dari tim panelis, bahkan tidak sedikit tim panelis meminta untuk berinteraksi dan hadir langsung di Kota Parepare.

“Mereka justru penasaran di Kota Parepare bahkan mereka sangat mengapresiasi apa yang menjadi pengusulan kami dalam proposal tersebut, dan bahkan para tim Panelis ini meminta untuk hadir di Kota Parepare secara langsung,” pungkas dia.

Diketahui, Anugerah Kebudayaan sebagai rangkaian Hari Pers Nasional 2021 ini hanya memilih 10 kepala daerah yang masuk nominasi. Diantaranya Wali Kota Parepare, Wali Kota Bogor, Wali Kota Denpasar, Wali Kota Semarang, Wali Kota Tegal, Wali Kota Singkawang, Bupati Sumedang, Bupati Majalengka, Bupati Banggai, dan Wali Kota Mojokerto.
(***)