oleh

Bakal Ditertibkan, Bupati Toraja Utara Kumpulkan Pelaku Usaha Pertokoan Rantepao

Editor : Armansyah, Penulis : Cherly-Berita, Toraja Utara-
TORAJA UTARA, BACAPESAN.COM – Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengumpulkan pemilik usaha pertokoan yang berada di pusat perbelanjaan Rantepao, Kamis (14/1). Agenda ini dihadiri sejumlah stakeholder seperti Kepala Kejari Torut Jefri Makapedu dan Kapolres Torut AKBP Yudha Wirajati K.
Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara bakal menertibkan sejumlah pusat perbelanjaan yang berdiri di lahan milik pemerintah.
Kalatiku menyampaikan, pemerintah memiliki alas hak atas lahan yang saat ini masih dikuasai oleh pihak ketiga. Itu, diperkuat adanya bukti surat kepemilikan aset yang ditandatangani Bupati dan Ketua DPRD bersama pengelola pusat pertokoan Rantepao.
Dijelaskan dalam surat tersebut, pelaku usaha yang menempati lokasi wajib membayar pajak dan retribusi ke Pemkab Toraja Utara. Sewa lahan dibayar paling lambat tanggal 5 setiap bulan, jika tidak maka akan diberi sanksi.
Selanjutnya, pengelola tidak diperkenankan mengadakan perubahan dan setiap pemindahan hak atas toko tersebut harus sepengetahuan Pemkab. Perjanjian berlaku selama 30 tahun dan setelah itu bangunan dikembalikan haknya kepada Pemkab.
“Surat perjanjian tersebut diterbitkan pada 18 Desember 1975 dan itu sudah melampaui waktu yang ada di perjanjian sehingga saatnya pemerintah akan melakukan penertiban,” tukasnya.
Setelah kegiatan ini, rencananya Pemkab Toraja Utara akan kembali melakukan pertemuan dengan pemilik lods untuk membahas tindaklanjut terkait penertiban lahan di pusat pertokoan Rantepao, 22 Januari 2021 mendatang.