oleh

FK-UMI dan AMDA Kirim Tim Relawan Bantu Korban Gempa di Sulbar

Armansyah and Dian-Berita, Daerah, Sulbar-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Musibah bencana gempa yang terjadi di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) menarik simpati semua pihak. Tak terkecuali Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK-UMI).

Bersama The Association of Medical Doctor of Asia (AMDA) Indonesia, FK-UMI menurunkan tim relawan membantu masyarakat yang terdampak gempa.

Dekan FK-UMI, Prof dr Syarifuddin Wahid, bersama Presiden AMDA Indonesia, Prof dr Andi Husni Tanra, melepas langsung tim medis dan relawan dari FK-UMI, Sabtu (16/1).

Syarifuddin mengatakan tim ini terdiri dari 4 orang dokter dan 11 orang mahasiswa. Sebelum dilepas, mereka telah melakukan rapid tes antigen dan dilengkapi APD standar.

“Tim relawan ini mereka akan membantu korban gempa selama satu pekan,” kata Syarifuddin.

Tidak hanya itu, mereka juga membawa bantuan berupa makanan dan obat-obatan untuk korban gempa.

Mereka juga akan membentuk posko kesehatan di lokasi pengungsian untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada korban.

“Tim ini juga sekaligus mengevaluasi kebutuhan mendesak yang dibutuhkan masyarakat di sana. Hasil evaluasi itu menjadi masukan saat kita kirim tim kedua,” papar dia.

Sedangkan, Presiden AMDA Indonesia Andi Husni Tanra memberi semangat kepada tim relawan yang berangkat ke lokasi bencana. Kata dia, kegiatan kemanusiaan ini merupakan panggilan hati untuk membantu korban gempa.

“Dengan rasa ikhlas, Insya Allah akan ada balasan yang luas biasa,” ujar dia.