oleh

Hari Pertama Misi Kemanusiaan Gempa Sulbar, Ini Yang Dilakukan Brimob Sulsel

Editor : Armansyah-Berita, Institusi-

MAJENE, BACAPESAN.COM – Satbrimob Polda Sulsel menjalankan misi kemanusiaan membantu korban terdampam gempa di Sulbar. Rombongan sebanyak 1 SSK Batalyon C Pelopor yang akan di BKO Polda Sulbar tiba di Mapolres Majene, Sabtu (16/1).

Berikutnya, personel Satbrimob Polda Sulsel itu menuju ke posko bencana korban gempa di Desa Salai Kecamatan Malunda Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Setibanya di posko bencana, personel langsung bergegas mendirikan tenda-tenda darurat yang akan digunakan sebagai posko dan dapur lapangan tanggap bencana.

Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan mengatakan, kegiatan ini merupakan misi kemanusiaan membantu korban gempa di Sulbar. Sebab, hal itu tugas utama sebagai wujud dari Bhakti Brimob untuk Indonesia.

“Kami akan fokus membantu warga korban gempa serta membantu proses pemulihan kembali pasca gempa berkekuatan 6.2 SR yang terjadi di Kabupaten Majene Sulawesi Barat,” ungkap Kompol Nur Ichsan.

Danyon Gas Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Sulbar itu melakukan koordinasi dengan pihak terkait perihal pelaksanaan tugas yang akan dilakukan oleh personel Satbrimob Polda Sulsel selama berada di posko bencana.

Selain itu, Kompol Nur Ichsan juga meninjau langsung lokasi pemukiman yang terkena dampak gempa paling parah untuk melakukan penyisiran korban dan pembersihan puing-puing bangunan yang rubuh akibat gempa berkekuatan 6.2 SR ini.

“Sebelum melakukan itu semua terlebih dahulu kami menyiapkan beberapa fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membantu masyarakat korban gempa serta melakukan survei ke beberapa titik untuk melakukan tindakan-tindakan yang akan diambil kedepannya,dimana dalam pelaksanaan tugas tetap memperhatikan prokes,” bebernya.

Sementara, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, P.S menyampaikan, pihaknya membawa peralatan lengkap yang dibutuhkan untuk membantu korban bencana di Sulbar. Seperti, mobil water treatment dan mobil dapur lapangan.

“Kami juga membawa mobil repiter untuk mendukung sistem komunikasi di lokasi bencana, ini semua kami lakukan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” jelasnya.