oleh

Wajib Diperhatikan, Berikut Tips Berkendara Saat Hujan

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis, Komunitas, Otomotif-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Berkendara saat musim hujan memerlukan kehatian-hatian. Sebab jalan yang basah dan licin bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Koordinator Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer Yamaha Area Sulselbar, Ilham Aziz berbagi tips berkendara aman saat musim hujan.

Kata Ilham, ada beberapa yang perlu diperhatikan saat berkendara. Diantaranya, kelengkapan pribadi pengendara, cek fisik kondisi kendaraan dan cara mengoperasikan kendaraan tersebut.

Dari sisi kelengkapan pribadi, helm, jas hujan, dan sepatu perlu disiapkan. Menurut Ilham, penting menggunakan jas hujan sesuai ukuran badan dan model yang sesuai.

“Gunakan juga helm dengan visor bening, dan sepatu anti air. Tidak disarankan pakai sendal agar perlindungan kaki lebih maksimal,” ujar dia, Sabtu (16/1).

Selain itu, pengendara juga wajib mengetahui cara mengoperasikan kendaraan saat musim hujan agar terhindar dari kecelakaan.

Diantaranya, pengedara diminta untuk selalu menjaga jarak aman. Sebab, saat hujan turun dibutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.

Pengendara juga disarankan untuk menggunakan atribut yang berwarna terang. Hal ini bertujuan agar mudah dilihat oleh pengendara lain sehingga ikut pengendara lain.

“Hindari melakukan pengereman mendadak dan keras karena saat kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang,” papar dia.

Sedangkan dari sisi kelaikan kendaraan, kata dia, ada beberapa yang mesti diperhatikan. Seperti, ban dalam kondisi baik, saringan udara dan CTV area tidak terbuka agar motor tidak mudah mogok dan rusak.

“Rem atau pakem harus selalu dalam kondisi baik. Begitu juga dengan semua lampu,” ujar dia.

Terakhir yang juga perlu diperhatikan, kata Ilham adalah kedaan lingkungan saat hujan lebat. Kata dia, pengendara wajib memerharikan kondisi jalan yang dilalui.

“Kenali kondisi jalan (rusak, lubang, banjir) agar terhindar dari potensi bahaya saat melewati area tersebut,” ungkap dia.

Terlebih saat hujan lebat karena memengaruhi jarak pandang pengendara. Sehingga disarakan untuk menepi di jalur aman dan tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang sebaiknya menepi di jalur aman dan tetap patuh terhadap rambu-rambu yang ada. Jadi jangan mendadak menepi,” papar dia.

“Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor,” jelas dia.

Karena itu, sangat penting selalu menjalankan safety riding kala berkendara termasuk dalam kondisi hujan wajib diterapkan pengguna sepeda motor.

“Dengan begitu tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tapi juga pengendara lainnya yang diinginkan oleh semua pihak untuk kepentingan bersama,” tutup Ilham.