oleh

Bukan Hanya Jiwa Birokrasi, Gubernur NA Minta OPD Sulsel Memiliki Jiwa Entrepreneur

Editor : Armansyah, Penulis : Ratih-Berita, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Sulsel agar memiliki jiwa entrepreneurship untuk mengembangkan kerja-kerja pemerintahan. Sebab, Ia menilai selama ini OPD terlalu berpacu pada jiwa birokrasi yang hanya merencanakan sesuai aturan.

“Jadi saya mau lihat seluruh kepala dinas saya ada jiwa entrepreneur. Bukan hanya jiwa birokrasi saja yang hanya merencanakan, sesuai aturan. Tapi saya mau ada langkah cepat mereka harus berpikir jauh kedepan,” kata Nurdin, saat rapat kerja bersama Tim Gubernur di Hotel Rinra, Selasa (19/1).

Misalnya, Nurdin mencontohkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk membuat center point perkembangan ternak dan Ritme peternakan. Sementara Dinas Kelautan dan Perikanan agar memperkenalkan nelayan pada teknologi penangkapan ikan. Sebab, ia menilai nelayan yang ada di Sulsel masih menggunakan cara tradisional untuk menangkap ikan.

“Masyarakat pesisir itukan masih miskin, kenapa? Armada penangkapannya masih sederhana. Penguasaan teknologi masih rendah, mereka belum melihat teknologi,” ucapnya.

“Nah kedepan apa yang harus kita lakukan untuk menjawab persoalan ini. Yang harus kita lakukan adalah pertama, perbaharui tornado penangkapan mereka dari tradisional ke moderen. Alat tangkap moderen. Masyarakat nelayan kita dibuat melek teknologi,” tambahnya.

Jika kedua OPD tersebut dapat menyelesaikan permasalahan saat ini, maka Menurut NA pertumbuhan ekonomi di Sulsel dapat meningkat. Sehingga, Ia menyarankan agar kedua OPD tersebut tidak hanya mengharapkan anggaran dari Pemerintah Provinsi, melainkan menciptakan peluang kepada investor untuk berinvestasi.