oleh

Pelindo IV Pasang Tarif Murah Rp18 Ribu Per Hari

Editor : Armansyah, Penulis : Ratih-Berita, Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Pelindo IV memasang tarif penumpukan peti kemas di Pelabuhan Utama Makassar sebesar Rp18 ribu per hari.

GM PT Pelindo IV Cabang Terminal Peti Kemas Makassar, Yosef Benny Rohy mengatakan tarif murah tersebut diberikan sebagai salah satu upaya untuk merangsang para pengusaha. Tarif ini termurah dibandingkan dengan pelindo lainnya.

“Tarif itu berlaku di Pelabuhan Utama Makassar mulai hari ini. Rp18 ribu untuk kontainer 20 feet dan Rp36 ribu untuk ukuran 40 feet,” kata Yosef, Selasa (19/1).

Tidak hanya menerapkan tarif murah, pihaknya juga memberikan stimulus atau relaksasi kepada para pengguna jasa. Khususnya untuk kegiatan transhipment selama masa pandemi.

“Misalnya penumpukan di terminal hanya maksimal tujuh hari dihitung satu hari produksi, sekarang diberikan stimulus 14 hari per satu hari produksi,” ujar dia.

Dengan stimulus kegiatan transhipment yang diberikan, perseroan berharap akan memudahkan para pengusaha untuk pengaturan logistik akibat dampak pandemi.

Meski diakui Yosef, pandemi tidak terlalu berdampak signifikan terhadap kegiatan ekspor impor utamanya di Terminal Petikemas Makassar (TPM).

“Justru terjadi peningkatan ekspor dan impor khususnya untuk komoditas plywood, rumput laut, marmer dan cengkeh yang meningkat,” tutur dia.