oleh

Presiden Jokowi Janji Bantu Korban Gempa di Sulbar

Editor : Armansyah, Penulis : Sudirman-Berita, Headline-

MAMUJU, BACAPESAN.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo turun langsung meninjau lokasi bencana gempa bumi, di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/1).

Setelah menyambangi Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang ambruk diguncang gempa. Jokowi juga menyambangi lokasi pengungsian di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat.

“Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini,” kata Jokowi.

Dia juga memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan dengan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan normal seperti biasa.

“Tadi saya sudah sampaikan ke gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali,” tutur dia.

Tidak hanya itu, ia juga akan memberikan bantuan perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa. Dia menyebut, untuk rumah dengan kerusakan ringan akan diberi bantuan Rp10 juta.

“Tapi untuk rumah yang rusak berat Rp50 juta, dan rusak sedang Rp25 juta,” papar dia.