oleh

Tambah Personil, Pemulihan Gardu Listrik Akibat Gempa di Sulbar Capai 75 Persen

Armansyah and Hikmah-Berita, Layanan publik, Metro, Sulbar-

MAMUJU, BACAPESAN.COM – PLN terus berupaya memulihkan seluruh gardu listrik yang terganggu akibat gempa di Sulbar. Terbaru, sedikitnya ada 178 tambahan personel diturunkan untuk menormalkan aliran listrik di wilayah tersebut.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Mamuju, Setiawan mengatakan, total personel yang diterjunkan untuk memulihkan gardu listrik 236 orang. Hasilnya, PLN berhasil menyalakan 656 Gardu atau 75 persen dari total 872 gardu terdampak.

“Banyaknya perbaikan tersebut, 67 ribu pelanggan telah kembali menikmati listrik di Sulbar,” papar Setiawan, Selasa (19/1).

Sebelumnya, kata Setiawan, pihaknya telah menyalakan 702 gardu namun adanya longsor di daerah Onang menyebabkan aliran listrik ke 46 gardu di daerah tersebut kembali terganggu. Saat ini personil dan peralatan telah siap di lokasi untuk memulihkan jaringan.

“Kami terus berupaya memulihkan semua jaringan agar dapat mengalirkan listrik kembali. Tentu adanya bantuan personil ini sangat membantu kami di Mamuju untuk mempercepat pemulihan,” ujarnya.

PLN masih terus berupaya memulihkan kelistrikan terdampak gempa antara lain di Tapalang Barat, Simkep, Ulumanda, Onang, Tubosendana, serta sebagian Tapalang, Malunda dan Mamuju.

Secara bertahap PLN telah berhasil memenuhi kebutuhan pasokan listrik di beberapa lokasi vital diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju, RS Regional Provinsi Sulbar, posko-posko pengungsian, Markas Kepolisian Daerah Sulbar.

Kemudian, Posko Komando Distrik Militer Bandara Tampa Padang, Posko Stadion Manakarra, Telkom, PDAM Rangas, TVRI Sulbar, Lembaga Pemasyarakatan Mamuju, serta sebagian Penerangan Jalan Umum Kota Mamuju.