oleh

RSAM Pareparepare Kini Miliki Alat Apheresis Transfer Anti Body ke Pasien Covid-19

Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare terus berupaya menekan penyebaran Covid-19. Kali ini dengan menyiapkan alat apheresis sebagai alat yang digunakan untuk melakukan donor plasma konvalesen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr Renny Anggraeni Sari mengemukakan, donor Plasma Konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan cara memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien Covid-19.

“Tujuannya sebagai terapi tambahan Covid-19 yaitu memasukkan plasma orang yang pernah terinfeksi Covid-19 yang telah mengandung antibodi kedalam tubuh pasien yang sementara terinfeksi covid agar merangsang sistem kekebalan tubuh pasien untuk melawan covid-19 ,” jelas Dirut RSUD Andi Makkasau Parepare, dr Renny Anggraeny Sari, Sabtu, (23/1/2021)

Renny menguraikan, secara sederhana terapi plasma konvalesen merupakan transfer antibodi antara penyintas suatu infeksi kepada orang yang sedang menghadapi infeksi.

Dia menjelaskan, terapi plasma konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya.

“Dalam hal Covid-19, acuannya adalah penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi yang kemudian disimpan dalam plasma darahnya. Plasma penyintas Covid-19 itu kemudian diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi virus corona,” lugas Renny.
(***)