oleh

PWNU Sulsel Seleksi 36 Peserta PPWK

Armansyah-Berita, Edukasi, Komunitas-

SIDRAP, BACAPESAN.COM – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulsel melaksanakan seleksi 36 peserta pendidikan dan pengembangan wawasan keulamaan (PPWK), di Pesantren Allakkuang, Kabupaten Sidrap, Sabtu (23/1) kemarin.

Peserta yang mengikuti PPWK masing-masing PCNU, yakni NU Sidrap sebanyak 17 orang, NU Parepare 12 orang dan NU Pinrang mengutus 7 orang. Tim PWNU yang turun ke PCNU Sidrap, Parepare dan Pinrang yakni Dr KH Afifuddin Harista.

Kegiatan ini merupakan program Pengurus Wilayah NU Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh masing-masing PCNU Wilayah IV yakni PCNU Kota Pare-pare, PCNU Sidrap, PCNU Pinrang.

Tahap seleksi dilakukan dua tahap yaitu, Seleksi administrasi dan pemahaman Ke-Aswaja-an serta kemampuan berahasa Arab yang berlangsung tanggal 22-24 Januari dan tahap dua pelaksanaan tanggal 29 Januari 2021.

Namun, panitia pelaksana menunda kegiatan tahap dua seleksi PPWK dengan alasan pandemi covid-19. Selanjutnya, kegiatan tersebut akan dijadwalkan kembali pada Februari mendatang.

Koordinator Wilayah (Korwil) IV PWNU Sulsel, Bunyamin Yapid mengatakan tes seleksi penerimaan peserta PPWK adalah sekurang-kurangnya wajib menguasai kitab kuning.

“Jadi salah satu program utama NU dalam kegiatan PPWK adalah mencetak Ulama dan Kyai yang berwawasan agama dan kebangsaan,” kata Bunyamin Yapid, Minggu (24/1).

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Pengurus Pusat PBNU, PWNU Sulsel, Seperti tanfizah PWNU Sulsel, AG. Dr. KH. Hamzah Harun, MA. Prof. Hamdan Juhannis, MA., Phd, Prof Galib, Dr. KH. Andi Aderus, DR.Kamaluddin Abunawas, Dr. KH. Lukman Arake. Dari PBNU turut hadir Dr. KH. Marzuki Wahid beserta rombongan ulama.