oleh

Listyo Dilantik Jadi Kapolri, Arqam Azikin Bilang Begini

Editor : Armansyah-Berita, Institusi, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Banyak tugas rumah yang menanti mantan Bareskrim itu selama memimpin Kepolisian Indonesia.

Pengamat Politik dan Hankam Unismuh Makassar, Arqam Azikin mengatakan, Jenderal Listyo memiliki tugas berat kedepan. Sedikitnya, ada lima yang harus dihadapi orang nomor 1 di Kepolisian itu.

“Kapolri harus menghadapi bahaya terorisme, narkoba, cyber, perbaikan strukturan di internal dan eksternal Polri dan Kamtibmas,” ungkap Arqam Azikin, Kamis (28/1).

Jika tidak ditopang dengan keorganisasian yang matang, kata Arqam, hal itu akan menjadi pekerjaan yang sulit bagi Jenderal Listyo. Program 100 hari kedepan akan menjadi pembuktian sebagai Kapolri.

“Lima hal itu akan menjadi fokus pak Kapolri. Terutama soal terorisme karena sudah menjadi ancaman ideologi,” paparnya.

Selain itu, Arqam menjelaskan, persoalan kamtibmas tidak boleh dianggap sepeleh. kejahatan seperti begal dan perampokan yang marak terjadi juga mesti di tuntaskan oleh Kapolri terpilih.

“Diluar itu kasus tentang Papua yang baru terjadi seminggu terakhir. Ada penembakan aparat Polri dan sekitar beberapa hari ini ada penembakan TNI yang tewas,” ungkapnya.