oleh

Rutan Kelas I Makassar Gelar Program Rehabilitasi Narkoba

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Institusi, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Rutan Kelas I Makassar menggelar program rehabilitasi pemasyarakatan bagi warga binaan. Itu, merupakan program pembinaan Direktorat Jendral Pemasyarakatan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama delapan bulan, mulai Januari hingga Agustus 2021. Sedikitnya, 200 orang warga binaan yang menjadi peserta dengan rinciannya 150 laki-laki dan 50 perempuan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi berharap program ini mampu dimanfaatkan dengan baik oleh warga binaan. Apalagi, keikutsertaan warga binaan memiliki peluang besar bebas dari jerat narkoba.

“Semua kembali ke warga binaan mau atau tidak untuk berubah, mau atau tidak untuk sembuh. Kami berharap hafirnya program ini dan warga binaan setelah mengikuti kegiatan ini bisa kembali ke keluarga, masyarakat dan menjadi manusia yang bermanfaat,” ujar Edi, Jumat (29/1).

Terpisah, Kepala Rutan Kelas I Makassar Sulistyadi menyebut kesuksesan program ini nantinya akan ditentukan, salah satu indikatornya adalah dukungan dari stakeholder, terkait sinergitas dan kerjasama.

“Kami berharap rehabilitasi ini dapat memulihkan dan mempertahankan kondisi Kesehatan warga binaan, baik dari aspek biologis, psikologis dan social sehingga setelah bebas dapat menjalankan fungsi sosialnya dengan baik di lingkungan masyarakat,” jelasnya.