oleh

Pertamina Group Gandeng PMI Salurkan Donor Plasma Konvalesen Penyintas Covid-19

Armansyah and Hikmah-Berita, Ekobis-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pertamina Group menggelar kegiatan Donor Plasma Konvalesen di 8 kota berbeda yaitu Jakarta, Medan, Plaju, Cilacap, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, dan Makassar.
Kegiatan aman itu bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai penyedia alat transfusi plasma darah, seluruh staf dan jajaran Pertamina yang pernah menjadi penyintas covid-19 turut melakukan donor plasma
Sebelum melakukan transfusi, penyintas covid-19 yang telah sembuh terlebih dahulu menjalani pemeriksaan titer antibody dan harus memenuhi beberapa persyaratan diantaranya dinyatakan negatif dari infeksi menular dan tidak memiliki penyakit komorbid, serta khusus wanita adalah mereka yang belum pernah hamil.
Setelah memenuhi persyaratan tersebut, yang bisa mendonorkan plasmanya adalah mereka yang memiliki titer antibody serum spesifik IgG anti SARSCOV-2 lebih dari 1.320.
Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali menjelaskan sejak awal pandemi, Pertamina langsung sigap dan berkomitmen membantu Pemerintah dalam penanganan dampak pandemi, terutama di sektor kesehatan.
“Dalam impelementasinya di lingkungan internal Pertamina, Satgas covid 19 Pertamina bergerak cepat menyusun prosedur keamanan untuk memitigasi risiko paparan dan memastikan implementasi dilakukan di seluruh level pekerja dan keluarga,” ujar Laode, Sabtu (30/1).
Lebih lanjut Laode mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan donor plasma konvalesen, Pertamina Regional Sulawesi bekerjasama dengan PMI Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor PMI Maricaya Makassar.
“Sebagai bentuk dukungan untuk peningkatan kesembuhan para pasien COVID-19, sebanyak 3 orang pekerja Pertamina Regional Sulawesi yang memenuhi persyaratan untuk donor plasma ikut berperan mendonorkan plasmanya serentak,” ungkapnya.
Laode menjelaskan program ini menjadi langkah terdepan khususnya bagi Pertamina sebagai perusahaan BUMN dalam mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesembuhan pasien COVID-19.
“Sesuai tema, gerakan yang Pertamina usung yakni From Survivor to Savior atau Dari Penyintas menjadi Penyelamat, Dari Pertamina untuk Indonesia. Kami berbangga kepada para pekerja Pertamina yang memiliki solidaritas rasa kemanusiaan yang tinggi dan berperan dalam membantu program Pemerintah untuk dapat memberantas COVID-19 di Indonesia,” tandasnya.
Sementara, Kepala UGD PMI Provinsi Sulsel, Dr. Andi Nuryanti Patturusi mengucapkan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada Pertamina yang telah berkontribusi untuk mendukung program donor plasma konvalesen tersebut.
“Alhamdulillah hari ini, kami dari PMI Sulawesi Selatan sangat berterimakasih kepada Pertamina karena telah membuat acara secara nasional untuk memberikan dukungan kepada pasien – pasien yang sedang berjuang untuk melawan COVID di ICU,” ungkap dr Andi Nuryanti Patturusi.
dr Andi Nuryantu menjelaskan plasma konvalesen adalah salah satu terapi penunjang yang akan kita berikan dari pasien COVID yang bergejala dan/atau lulus dari seleksi donor untuk kita berikan pada pasien-pasien COVID  yang berjuang sekarang di ICU pada umumnya.