oleh

Industri Perdagangan Berjangka Komoditi Capai Pertumbuhan Tertinggi Sepanjang Sejarah

Editor : Armansyah, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Industri perdagangan berjangka komoditi mengalami pertumbuhan hingga 20 persen meski di tahun 2020 diwarnai pandemi covid 19.
Hal tersebut diungkapkan Direktur Jakarta Futures Exchenge, Paulus Lumintang. Menurut dia, pencapaian tersebut menjadi pencapaian tertinggi dalam sejarah berdirinya perusahaan Bursa Berjangka di Indonesia setelah di tahun 2019 juga ikut melejit.
“2020 kemarin kami over target hingga 20 persen atau sebesar 9.433.000 lot. Capaian ini juga menjadi pencapaian tertinggi selama perusahaan pialang berdiri,” ujar Paulus dalam Media Training pengenalan Berjangka Komoditi, Senin (1/2).
Meski 2019 mengalami peningkatan, namun, lanjut Paulu, peningkatan lebih tinggi di 2020 meski kondisi dinilai tidak baik lantaran ditengah pandemi covid-19.
“Banyak faktor yang mempengaruhi capaian ini di antaranya pasar di 2020 bergerak sangat dinamis terutama untuk minyak dunia dan komoditi alam sepertiĀ  kopi dan minyak goreng. Kedua, nilai tukar rupiah juga stabil karena ekspor komuditi Indonesia surplus dan dari segi demain suplai,” ungkapnya.
Tidak hanya itu, Paulus menambahkan hal lain yang ikut berpengaruh adalah politik Amerika dan penggunaan teknologi yang semakin intens karena covid.
“Dari sisi politik, yang turut berpengaruh adalah pemilihan presiden AS yang memanas sehingga terjadi beberapa guncangan. Selain itu, Inggris juga keluar dari unieropa dan ful menggunakan porsterling juga membawa pengaruh. Efek posif covid juga ada dari segi teknologi dimana sosialisasi menggunakan zoom lebih mudah dan terus memberi pengetahuan terkait harga komoditi secara lebih luas,” terang dia
Melihat tingginya capaian di 2020, Paulus menarget capaian di 2021 juga senada “Target tahun ini mencapai 11.000.000 lot. Melihat potensi tahun ini saya yakin target sanggup dicapai” pungkasnya.