oleh

Unhas Ambil Bagian pada Kolaborasi Program Vaksinasi Massal Covid-19

Editor : Armansyah-Berita, Kampus, Metro, Pemerintahan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) mengambil bagian pada vaksinasi massal untuk tenaga kesehatan di Kota Makassar, Senin (1/2). Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 Wita berlangsung di GOR JK Arenatorium Kampus Unhas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Satgas Covid-19 Unhas, yang juga merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. dr. Budu, Sp.M(K), Ph.D, MEd.Ed., menjelaskan kolaborasi ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis FK Unhas. Selain itu, hal ini juga merupakan bagian dari upaya Unhas mengambil bagian dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19.

“Ada beberapa pihak yang terlibat dalam vaksinasi ini. Mulai Pemprov Sulsel, Pemkot Makassar, RS vertikal yang ada di Makassar, RSPTN Unhas, dan FK Unhas. Masing-masing mempunyai peran dan berkolaborasi,” kata Prof Budu.

Unhas sendiri mendukung penyiapan lokasi dan logistik untuk pelaksanaan vaksinasi ini. Sementara tenaga vaksinator berasal dari Pusat Kesehatan Masyarakat di Kota Makassar. Sementara tenaga medis yang melakukan skrining awal disiapkan oleh RS Wahidin dan RS Unhas.

 

Sementara, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RS Wahidin, Prof. dr. Mansyur Arif., Ph.D., Sp. PK (K), M.Kes., menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mengcover tenaga kesehatan (nakes) untuk divaksin secara bersama-sama.

“Seperti yang diketahui, nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19. RS Wahidin mendukung tenaga medis bersama RSPTN Unhas. Dinas Kesehatan berperan sebagai penyedia vaksin,” kata Prof Mansyur.

Menurut rencana, vaksinasi massal akan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (3/2) mendatang. Ditargetkan hingga 6.000 nakes yang akan divaksin. Pada hari pertama, diharapkan dapat dicapai sampai 2.000 nakes.