oleh

2021, Perusahaan Investasi Komoditi Pulihkan Citra 

Armansyah and Hikmah-Berita, Bisnis, Ekobis-
MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Citra perusahaan pialang sebagai penyedia jasa investasi komoditi masih berstatus di zona merah. Masyarakat belum percaya betul terhadap jasa main saham.
Kendati bisnis investasi komoditi telah hadir sejak tahun 90an, perusahaan yang bergerak di bidang investasi komoditi masih juga mengantongi beragam protes dari warga.
Kepala Cabang Solid Gold Berjangka (SGB) Makassar, Yunarti menjelaskan, dirinya paham persoalan yang membelit perusahaan pialang, terutama mengenai protes warga. Ia menilai, keluhan itu lantaran kurangnya pemahaman masyarakat terhadap perusahaan pialang.
Yuni–sapaan akrabnya, mencontohkan kasus 2011 lalu yang menjerat perusahaannya. Menurut dia kasus tersebut bukanlah penipuan melainkan  nasabah yang kurang paham bagaimana perusahaan jasa pialang bekerja.
“Di tahun 2011 juga pernah didapati masalah dari nasabah namun kami tegaskan kami sebagai penyedia jasa sama sekali tidak  berhubungan langsung dengan dana nasabah, hanya saja dalam hal investasi komoditi berjangka ini kami menitik beratkan bahwa ini adalah satu paket, ada resiko dan peluang,” ujar Yuni, Selasa (2/2).
Lebih jauh kata Yuni, untung rugi nasabah tergantung dari keputusan yang diambilnya saat membeli komoditi. “Untuk itu di tahun 2021 ini visi misi saya adalah memulihkan citra ditengah masyarakat, dengan target zero komplain,” tambah Yuni.
Terpisah, Direktur Jakarta Futures Exchenge, Paulus Lumintang membeberkan beberapa cara untuk mengecek apakah perusahaan pialang tersebut resmi atau tidak.
“Yang paling mudah diliat adalah kata ‘future’ atau ‘berjangka’. Selanjutnya ada wakil pialang berjangka dan tidak menginstruksikan mengirim dana nasabah ke rekening pribadi melainkan melalui rekening perusahaan. Selain itu bisa di cek di www.jtx.co.id dan www.bappenti-go.id,” terang dia