oleh

Operasi Yustisi, Bupati Gowa Temukan 1 Pegawai RM Pak Tjomot Reaktif Covid-19

Editor : Armansyah-Berita, Daerah, Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendapati empat orang pelanggar protokol kesehatan saat melakukan operasi yustisi di RM Pak Tjomot di Jalan Sultan Hasanuddin, Rabu (3/2).

Mereka yang melanggar protokol kesehatan langsung dilakukan rapid antigen. Hasilnya, satu dari empat pegawai di rumah makan tersebut dinyatakan positif atau rektif Covid-19.

“Dia langsung kita bawa ke rumah sakit untuk dilakukab skrining,” singkat Bupati Adnan.

Pasca ditemukan ada satu pegawai yang positif, petugas langsung melakukan rapid antigen kepada seluruh pegawai di rumah makan tersebut sehingga bisa menekan terjadinya penularan.

Menurut dia, pengawasan penegakkan protokol kesehatan harus dikakukan secara tegas. Khususnya di tempat usaha, seperti rumah makan. Sebab fakta dilapangan masih di temukan ada yang tata letak meja nerdempetan. Tidak ada jaga jarak.

“Meskipun ada tanda larang tapi masih banyak masyarakat yang tidak sadar sehingga dengan sadar melanggar. Makanya tadi kita arahkan kepada pemilik warung agar meja dan kursi-kursi yang ada itu diatur dengan betul-betul berjarak,” tegas Adnan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Alamsyah Bachtiar mengatakan saat melakukan operasi yustisi ditemukan ada pegawai yang tidak mengenakan masker sehingga langsung dilakukan rapid antigen.Sanksi itu merujuk pada Perda 2/2020 tentang Wajib Masker dan Protokol Kesehatan.

“Yang positif sudah kita berikan tindakan,” kata dia.

Selanjutnya, esuai dengan SOP maka semua karyawan yang kontak erat dengan pasien positif langsung diperiksa. Selain itu, dia mengintruksikan agar rumah makan tersebut ditutup sementara waktu.

“Sambil melihat hasil dari seluruh karyawan yang kita periksa dan selama penyemprotan kita lakukan, kita instruksikan untuk sementara warung ini ditutup terlebih dahulu,” ujar Alamsyah.